Aliran Rasa Pertama

Setahuku, jika ingin mengikuti kelas di Institut Ibu Profesional, kita harus melewati tahap Matrikulasi terlebih dahulu. Lulus matrikulasi baru bisa ‘resmi’ mengikuti pembelajaran. Matrikulasi pun konon merupakan medan perjuangan yang nggak main-main dengan adanya tugas yang harus disetor tiap minggu. Tugasnya diberi nama Nice Home Work, disingkat jadi NHW. Wow, nice hehe. Afirmasi positif untuk menggugurkan kewajiban ya. Namun Nice Home Work ini bukan sekedar tugas yang harus diselesaikan sebagai syarat kelulusan semata. Sosok NHW ini jadi lebih ke sarana menyalurkan apa yang paling mengesankan hati kita setelah mendapat materi, mereka menyebutnya dengan Aliran Rasa.

Pertengahan tahun lalu, aku pun mendaftar Institut Ibu Profesional. Namun kuota udah keburu habis hanya beberapa jam setelah mendaftar, haha. Alhamdulillah akhir tahun kemarin berhasil mendaftar akhirnya. Tapi ada yang berbeda. Pendaftaran dibuka untuk kelas Foundation. Katanya, Foundation Dulu Matrikulasi Kemudian. Hm, apa lagi ini?

Ternyata, Foundation ini ibarat pemanasan sebelum ikut kelas Matrikulasi. Jadi kalau Matrikulasi ibarat pra kuliah yang sifatnya penyamaan persepsi dan ekspektasi, di Foundation lebih ke penyamaan kultur belajar. Tidak ada NHW di kelas Foundation. Namun kita mendapatkan materi yang sangat padat tentang seperti apa Institut Ibu Profesional itu. Dua minggu berjibaku dengan materi dan diskusi, berusaha ngga jadi Silent Reader dan aktif, dibukalah gerbang Matrikulasi itu. Setelah banyaknya rumor dan gonjang-ganjing (ea) tentang belum tentunya kita lulus kelas Foundation, akhirnya keluarlah pengumuman tentang lulusnya kami ke kelas Matrikulasi.

Minggu pertama Matrikulasi, wow sudah ada trial untuk mengumpulkan NHW. Bisa dibilang, trial mengalirkan apa yang kita rasakan. Temanya adalah rasa ketika masuk kelas Matrikulasi.

Dasarnya aku ngga bisa jujur ke publik tentang apa yang sebenarnya terasa dalam hati. Aku pikir bagus juga NHW ini, melatih mengalirkan apa yang kita rasakan, untuk refleksi diri sendiri dan berlatih menyampaikan kebaikan ke orang lain. So, yah, ini dia aliran rasa trial NHW ku. Aliran Rasa pertama, awal dari proses belajar yang panjang ini. Kubikin grafis. Buat kamu yang udah baca, terasa ngga rasanya? Let me know in comment ya 🙂

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Join The List

Sign up and be the first to know about new articles, freebies, giveaways, and more!