Memberanikan Diri Kembali Ngeblog

I can say that 2020 is my come back year as blogger since I gave birth. Akhirnya aku kembali ngeblog dengan lebih serius dan penuh determinasi. Alhamdulillahnya, banyak hal baik dan menyenangkan kemudian terjadi.

A 2020 Lookout


I won blogging competition, for the very first time. Waktu itu yang ngadain Blogger Perempuan. Artikelnya masih menang juara harapan, but if you are tickled to read the whole story about food and forest you may visit the link here.

Artikel Forest Cuisine Blog Competition: Padi Agroforestri, Selamatkan Hutan sebagai Sumber Pangan

I also upgraded my blog appearance, using Elementor. Aku totalitas pakai Elementor Pro. Rasanya adventurous aja bisa bebas nge-build home page dan semua halaman website sendiri. With the font I want, with the color palette I like the most. So, do you like my home page? Hehe. Give me your score from one to ten down below in the comment yaa.

I know you still can’t find like fancy pop ups, or that cool counter. Some tools don’t really work since I buy the license with the price under the average price at market place. And it turned out that, just after I join Elementor Indonesia community, the version of my Elementor Pro is the cracked version. Kukira legal-legal aja guys huhu.

Jadi kalau aku mau semua tool bisa working, aku harus install Elementor Pro versi yang dijual legal, tapi tetap sharing lisensi. Untungnya versi ini available di Facebook Group Elementor Indonesia. Tapi aku khawatir ketika install yang baru, semua setting-an dan hasil karya setelah ngutak ngatik nge-build page sana sini jadi ilang dan harus mulai dari nol lagi. I want to focus on writing now after I spent like weeks crazy with Elementor.

Gimana para Elementor suhu, apakah kekhawatiran aku berlebihan? Leave the comment down below please if you have any advice what should I do. Thanks a bunch.

Lalu Negara Api Menyerang

Semua hal baik ini bagusnya men-trigger aku untuk lebih konsisten dan sering posting, ikutan kelas blogging, gabung komunitas sana sini, pasang target. Intinya ngeblog jadi obsesi yang menyenangkan. Sekaligus menguras waktu dan energi.

Blogger fellows pasti pada ngerasain juga gimana rasanya sehari 24 jam itu ngga cukup. Setiap hari kepikiran mau nulis ini mau nulis itu. Mau tidur, kepikiran to do list yang belum selesai. Yeah, blogging is about self-commitment. But then all I can say that, I was getting obsessed with this job.

Sampai akhirnya tiba-tiba negara api menyerang. Google Analysis nggak bisa nge-detect tracking code di website aku.

Otomatis Google Adsense juga berhenti running.

DA/PA jadi nol.

Hayo. Piye jal. Kumaha.

Entah plugin apa yang aku harusnya ngga install atau settingan yang harusnya ngga kucentang. Yang jelas traffic real time yang nggak muncul bikin aku lemes. Coba sana sini, tanya suhu ini suhu itu. Riset- dan browsing ke mana-mana, cari di YouTube juga. I still can’t solve the problem.

The least I can’t do is pasang kode tracking manual di tema. Alhamdulillah berhasil balikin skor DA/PA. Tapi traffic tetep masih nggak kebaca. Aku harus buka Ubersugget cuma buat tahu pageviews aku berapa bulan ini.

Sesedih itu.

Udah mood ilang langsung buat ngeblog. Ngeblog cuma buat menunaikan amanah-amanah sponsored post aja. Ghirahnya ilang gitu. Aku pun vakum nulis artikel-artikel yang udah aku targetin untuk tulis. Vakum di komunitas. Nggak berani ambil challeng. Mau silent aja. Incognito gitu. Tak terlihat.

Berkontemplasi

Di masa vakum ngeblog sebulanan kemarin, lots of thoughts come into my mind. Like tujuan ngeblog itu apa selama ini. Apa yang dikejar sampai lari-lari kaya gitu. Strong reason aku buat blogging sebenarnya apa sampai ketika isu-isu di atas terjadi aku malah jadi mutung.

Well. Zuzur. Honestly. Tujuan aku ngeblog setahun kemarin murni untuk PERSONAL GLORRY aja. Aku suka dengan pencapaian yang tidak mengkhianati usahaku yang babak belur itu (kan dari awal udah sombong, lupa kalau Allah yang menguatkan, Allah yang menetapkan). Aku senang dan berharap mendapatkan people appraisal (kan mengharap keridhaan selain Allah, tuhannya udah ganti manusia, nggak heran bikin terengah-engah).

Teringat kembali di NHW Matrikulasi Ibu Profesional bertahun lalu. Aku nulis tujuan ngeblog untuk syiar, untuk dakwah, untuk investasi amal jariyah.

Tapi nyatanya blogging malah jadi obsesi yang bikin amalan yaumiyah jadi prioritas paling bawah. Interaksi dengan Al Quran kalah nikmat dengan lama-lama buka laptop.


I lost my way.

Kembali Ngeblog


Prioritas pertama sekarang Al Quran dulu. Boleh buka laptop hanya jika target tilawah dan murajaah kelar hari itu. Nggak boleh juga blogging sampe begadang terus kecapekan akhirnya skip qiyamul lail. Amalan yaumiyah nggak boleh sampai diganggu blogging. Aku butuh psikis yang sehat dan kuat, biar ngeblog juga ringan. Allah, tolong ridhai tekad ini. Ampuni sudah lalai dan dzalim selama ini. (nangis)


Akhirnya, setelah hampir 2 bulan vakum. Sekarang aku bisa bilang kalau aku mau kembali ngeblog. Aku sudah menemukan alasan kenapa aku berani blogging lagi.


1) Set My New Goal

Tujuan kembali ngeblog adalah karena cari ridha Allah. Selain nulis yang baik-baik, aktivitas blogging nggak boleh ambil hak anak, hak suami, dan hak diri sendiri untuk punya psikis yang tenang. Psikis yang tenang nggak akan melewatkan Allah.

Cara untuk selalu melibatkan Allah adalah dengan memprioritaskan amalan yaumiyah di urutan nomer satu. Paling pertama yang dilakuin setelah bangun tidur.

Semoga dengan menomersatukan Allah, semua usaha Allah bimbing, bukakan jalan, dan beri petunjuk. Jadi DA/PA tinggi dan pageviews bombastis bukan hanya angan belaka, tapi juga ngga bikin besar kepala.

Dan yang penting, `blog ini sungguhan berkah. Jadi kebaikan buat orang banyak, space aku beramal shalih, dan aliran amal jariyah di akhirat nanti. Amin ya mujiibassaailiin.

2) Menemukan Komunitas yang Nyaman

I am so blessed ketika mba Andina ngajak aku gabung di Mamah Gajah Ngeblog. Tantangan nulisnya ringan, sebulan sekali. It helps, literally, building my consistency though. Selain iitu, banyak sisi-sisi nostalgic-nya (eaa eaa) karena dari almamater yang sama.

Serunya kita bisa dapet hadiah dari tantangan blogging Mamah Gajah Ngeblog dari para blogger yang ikut tantangan. List hadiahnya udah di-share di grup, dan bikin pengen semua haha. Tapi aku lagi pengen banget buku Unschooling yang dari teh Alfi (sekalian kode biar dapet hadiah yang ini hehe).

Yass, That’s All

So glad finally I found why I blog. Doakan juga ya isu-isu di atas bisa segera terhempaskan hehe.

In the end, I love blogging and I always do. Apapun alasan kamu kembali ngeblog, semoga adi alasan kamu juga untuk love yourself more and live your life with joy.

Cheers!


Tulisan ini setoran untuk tantangan bulanan komunitas Mamah Gajah Ngeblog


13 thoughts on “Memberanikan Diri Kembali Ngeblog”

  1. Ah ini kayak jd teguran dan reminder buatku utk kembali lagi melakukan solat malam :(. Perasaan solat malamku zaman msh kerja msh LBH sering daripada skr di mana udh resign :(. Padahal salah satu yg mau aku improve ketika memilih resign, ya memperbanyak solat malam ..

    Kok kenyataan malah beda.

    Baguus isi tulisannya mba. Bener2 jd pengingat utk kita kembali on track dalam melakukan sesuatu. Allah hrs selalu jadi yg utama 🙂

    1. Sedih ya mba udah bertekad terus kok jd longgar.. Nulis ini juga dg maksud nampar diri biar sadar balik lg ke prioritas utama..

      Alhamdulillah, terimakasih sudah suka baca ini ya mba 🙂

  2. teteh, kok aku ketampar bgt bacanya… “aktivitas blogging nggak boleh ambil hak anak, hak suami, dan hak diri sendiri untuk punya psikis yang tenang. Psikis yang tenang nggak akan melewatkan Allah.”…. makasi buat insight nyaa yaa….
    selamat juga atas kemenangannya di blogging competition, youre so awesome! Semoga tetap semangatt yaa kita, aaamiin.

  3. Barakallah, menginspirasi sekali… Masya Allah ‘Psikis yang tenang ga akan melewatkan Allah’…

    Semoga istiqomah teh.

    Oh ya salam kenal dari saya, sesama anggota MGN

  4. masyaAllah teh alasan kembali ngeblognya :”)
    seringkali kita lupa kalo suatu hal tidak akan terjadi tanpa ridha-Nya.
    semoga dengan ngeblog bisa jadi sarana berbagi kebaikan juga ya teh 🙂
    anw, salam kenal sy Furry AR10 😀

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Join The List

Sign up and be the first to know about new articles, freebies, giveaways, and more!