Maryam 15 Months

Alhamdulillah. Bifadhlillah, progress Maryam pesat sekali di 1 tahun 3 bulan ini 🙂 Mulai dari belajar tidur sendiri, makan sendiri, dan bermain sendiri. Maryam juga makin menunjukkan karakter independen, yang awalnya aku merasa annoying (karena bayangin aja biasa nurut disuapin tiba-tiba heboh pengen pegang sendok sendiri). Ternyata setelah difasilitasi, anaknya sungguhan bisa mandiri. Fase toddler yang independen ini mengharukan, bikin deg-degan, membanggakan, dan yang jelas we have lot more time to do whatever we want karena mereka mulai bisa apa-apa sendiri 🙂

Bobo Sendiri

Wow akhirnya Maryam mulai sleep training juga! Pengalaman sleep training dan juga kenapa kita mulai sleep training udah aku share di blog ya.

Setelah sleep training hampir sebulan, sekarang Maryam sudah bisa bobo sendiri tanpa menyusu dulu. Dan yang paling penting, Maryam udah nggak nangis lagi waktu Umma dadah say Good Night, nutup pintu dan matikan lampu. Baarakallah, Nak.

Makan Pakai Sendok Sendiri

Gara-gara pengen makan sendiri terus, Umma mulai kasih menu buat Maryam BLW (baby lead weaning) alias makan pakai tangan aja. Paling sering Makaroni Aneka Topping (protein dan sayur) entah direbus aja, dibikin Carbonara, atau ditumis ala-ala Aglio Olio. Tetapi mulai galau kalau udah pengan variasiin menu jadi oatmeal, nasi berkuah, dan menu apa aja yang harus pakai sendok. Karena Maryam menolak banget sekarang buat disuapin pakai sendok. Maunya pegang sendok sendiri yang malah bikin berantakan.

Sebenernya Maryam udah jago makan pakai garpu. Tapi pakai garpunya kebalik gitu. Akhirnya pakai sendok juga dibalik, kan jatuh makanannya haha.

Lalu Umma liat video Kakak Oscar di channel YouTube The Hidden Gems yang bisa makan pakai sendok di usia Maryam sekarang. Sendoknya dari logam dengan gagang plastik yang ergonomis dengan genggaman tangan toddler. Merknya Doddl Cutlery. Akhirnya Umma beli sendok itu di marketplace.

Pertama Maryam pakai dia kaya yang, ‘Mainan baru apa lagi ini’. Hahaha. Tetapi cuma beberapa kali coba, dia langsung bisa dong nyendok si makaroni dan masukin ke mulut nggak pakai tumpah. Bifadhlillah langsung bisa makan sendiri akhirnya. Huwaa asli Umma terkejut banget secepet ini belajar makan sendirinya. Alhamdulillahi ala kulli haalin. Akhirnya bayangan Maryam duduk tenang makan sendiri terwujud juga di usia 15 bulan ini.

Auto Berdoa

Cara Maryam berdoa itu angkat dua tangan, lalu bilang ‘Aaaaa’ (aamiin) sambil menangkupkan tangan ke wajah. Maryam auto berdoa tiap kali selesai dengar adzan (bahkan ketika adzannya sayup-sayup!), sebelum makan, dan sebelum tidur. Kalau sebelum makan, Maryam lihat Umma bawa mangkuk dan sendok ke kursi makannya dia yang udah angkat tangan duluan berdoa hehe. Sebelum tidur juga gitu. Misal Umma mulai doa mau bobo ketika Maryam masih menyusu, dia yang auto angkat tangan itu waktu Umma baca doanya hehe. MasyaAllah tabarakallah shalihah.

Semoga Umma Abi berhak atas doa Maryam nanti ya 🙂

Books of The Month: Follow The Bubbles!

Maryam lagi senang-senengnya bacakan Umma cerita. Di akhir buku, dia bilang ‘Habis’. Hehe. Oiya di akhir buku kaya masih agak tebel karena halaman terakhirnya include ke fitur Pull-Out yang bisa ditarik ke atas gitu.

Menu of The Month: Macaroni Carbonara, Sempol, dan Baso Ikan

Jadi aku bikinin menu yang bisa ditusuk sama stik es krim ataupun tusuk sate. Buat variasi menu BLW. Alhamdulillah dia suka Sempol Ayam dan Baso Ikan Tongkol-nya. Ini sebelum dia bisa makan pakai sendok yah. Kalau Macaroni Carbonara mah udah menu tetap favorit yang insyaAllah dia lahap makan. Biasanya pakai topping surimi dan cacahan brokoli rebus 🙂

Words of The Month: “Adadadada”

Babblingnya sekarang bisa konsisten 4 suku kata yang sama. Kalau lagi excited paling senang bilang “adadadada”. Umma berusaha nyambungin ini dengan akhir surah Al Ikhlas. Umma bilang “Qul huwallahu?”. Lalu Maryam bilang “Adadadada”. “Iya, qul huwallahu ahade” (de-nya aku tekanin biar mirip dadada-ny Maryam).

Kalau yang udah lancar kan bilang “Aaah”. Jadi aku sambungin ke hamdalah dan basmalah.

“Bismill?”. “Aaaah”.

“Alhamdulil?”. “Aaaah”.

Play Time: Beras Kutah, Basket Ride, dan Slider

Beras Kutah

Beras kutah ini messy play pertama Maryam! Akhirnya Umma berhasil menguatkan hati untuk kasih Maryam Sensori Play pakai beras. Maaf ya Nak, it took this long. Biar Umma nggak cranky, mainnya di teras rumah. Jadi gampang bersihinnya. Pakai beras buat messy play juga nyenengin karena bisa dicuci lagi berasnya. Dan yang paling penting Maryam bisa fokus banget kalau udah mainan sama beras. Entah dipegang-pegang aja ataupun dibuat belajar memindahkan beras pakai sendok 🙂

Basket Ride

Basket ride, sering juga ‘bak mandi ride’, juga aktivitas yang ‘pasti seru’ buat Maryam. Biasanya mainan ini kalau udah waktunya mandi tapi air belum mendidih sedangkan anaknya udah cranky gitu. Cemplungin aja ke bak mandi kosong terus dorong-dorong muter serumah. Udah langsung lupa sama cranky-nya dan jadi super excited. Kalau basket ride, Maryam auto ambil basket di kamar lalu dia taro di depan kulkas (Maryam suka bercermin di depan kulkas). Terus dia naik ke basket dan manggil Umma minta basket nya muter-muter kaya naik mobil hehe. Dia seneng banget juga mainan ini. Kekurangan basket ride adalah menguras tenaga Umma dengan cepat wkwk.

Slider

Jadi ceritanya aku lagi mupeng banget buat beliin Maryam Pikler. Semacam perosoton dan panjatan dari kayu yang tingginya bisa dikustomisasi. Jadi Pikler diklaim multifungsi menjadi game apa aja untuk melatih motorik kasar anak. Nah harganya sejutaan gitu wkwk. Pikir-pikir lagi deh akhirnya buat beli Pikler hehe.

Akhirnya aku sewa ajalah Slider, perosotan biasa, cuma Rp. 175.000 sebulan. Best deal kaan. Maryam pertama banget belajar naik tangga dan turun perosotan. Awal banget dia masih belum tertarik gitu buat main di Slider karena first impressionnya kan aku ngajarin dia buat naik tangga. Jadi kayanya dia nganggep kalau deket-deket Slider waktunya belajar disuruh-suruh Umma gitu, nggak bebas hehe. Namanya juga mainan baru kan yaa. Cuma selang beberapa hari, Maryam udah berani dan lancar naik tangga dan sliding di perosotannya sendiri. MasyaaAllah. Seringnya dia naik tangga terus nongkrong dulu di atas lama sambil babbling. Kadang aku ajakin juga main peekahboo di atas, yang dia sambut dengan super antusias hehe. Kalau udah merosot, Maryam sering juga balik naik ke atas nggak lewat tangga tapi lewat perosotonnya hehe. Semua aman selama dalam pengawasan yah.

New Ability: Membuka-tutup Drawer dan Berputar!

Nggak diajarin tiba-tiba aja bisa. MasyaAllah Naak. Umma deg-deg an aja kalau Maryam mainan drawernya nggak di bawah pengawasan. Jadi sekarang lebih sering nutup pintu kamar tempat si drawer berada kalau lagi fokus di dapur misalkan.

Maryam happy banget dengan kemampuan satu ini. Setiap kali video call sama Uti, pasti langsung lari masuk kamar dan membuka tutup si drawer. Hehe.

Nahh kalau berputar ini gerakan terbaru kalau lagi excited. Biasanya hentak kaki dan angguk-angguk, eh sekarang upgrade ke berputar-putar. Umma Abi khawatir pusing kalau lama-lama tapi Naak. Umma Abi peluk aja yaa kalau udah berputar-putar secukupnya 🙂

That’s All

Alhamdulillah segitu aja monthly update Maryam 15 bulan. Sampai ketemu lagi di monthly update selanjutnya. InsyaaAllah 🙂

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Join The List

Sign up and be the first to know about new articles, freebies, giveaways, and more!