Tips Membuat Artikel Review Yang Menarik Pembaca

Salah satu elemen penting dalam bisnis dan pemasaran adalah review terhadap produk atau jasa yang kita miliki. Dengan artikel review, kita bisa membantu calon pembeli dalam memutuskan apakah hendak membeli atau menggunakan produk yang kita tawarkan atau tidak.

Bentuk review bisa bermacam-macam. Mulai dari postingan di media sosial sampai postingan di blog. Dengan review kita juga berkesempatan untuk mendapatkan produk tanpa biaya juga rate yang sepadan.

Makanya sekarang banyak tersedia jasa penulis artikel atau jasa review produk oleh para influencer untuk memenuhi kebutuhan promosi para brand. Namun tidak semua orang bisa membuat artikel review yang menarik pembaca, jujur, dan sesuai knowledge product yang dikehendaki oleh brand.

So, yeah I’d like to share some tips how to write a review. Berikut tips bagaimana caranya membuat artikel review yang bisa menarik para pembaca.

Panduan Tips Membuat Artikel Review Yang Bisa Menarik Hati Para Pembaca

Agar artikel yang kita buat bukan hanya sekedar sebuah tuntutan, ada beberapa aspek yang sebaiknya diperhatikan saat menulis artikel berbentuk review. Bagaimanakah tips dan aspek apa saja yang harus diperhatikan?

Menentukan Point Of View yang Tepat

Banyak calon pelanggan yang ingin melihat pendapat orang ketiga yang sudah menggunakan produk tersebut. Terlebih jika orang tersebut memang dipandang berpengalaman atau punya pesona yang kuat.

Tentukan kita ingin membahas artikel review tersebut dari pandangan brand yang memberikan pekerjaan atau pandangan seorang pengguna yang terbebas dari kekangan brief.

Rumuskan Ide Pokok atau Masalah yang Bisa Diselesaikan dengan Produk

Sebuah produk biasanya muncul untuk menyelesaikan hajat orang banyak. Dengan mengangkat ide pokok atau masalah yang bisa diselesaikan melalui produk ini, sebuah review bisa menarik perhatian orang lebih banyak, kan?

Nah, tuangkan ide pokok atau problem solving ini dalam paragraf-paragraf di artikel review anda. Dengan begitu, pembaca akan lebih senang mendapat jawaban setelah membaca artikel anda.

Buat Artikel Review Sesuai Fakta

Pentingnya mengemukakan hal sesuai fakta adalah hak seorang konsumen. Karena saat ini undang-undang kita sangat ketat tentang UU ITE yang akan mendakwa mereka yang menulis berita bohong atau hoax.

Jangan sampai pembaca kalian kecewa terhadap blog karena terlalu sering mengangkat isu berdasarkan berita dan informasi yang tidak sesuai sumber dan kenyataannya.

Jangan Menyinggung Personal atau Kelompok

Semua orang bebas menulis apa saja yang ia kehendaki. Namun tulislah yang bermanfaat, bukan hanya review yang isinya memojokkan brand atau kompetitornya.

Selain akan menyebabkan permusuhan, Anda juga berpotensi melanggar hukum dan berhadapan dengan pihak berwajib. Jadi tulislah sebuah artikel review yang objektif dengan segala aspek yang sesuai apa adanya.

Overview

Sebagai seorang penulis, kita bebas untuk menulis apa saja semau kita termasuk dalam penulisan review. Namun mengetahui product knowlege, memahami brief, being honest, dan menjawab permasalahan akan menjadikan review kita naik level. Siapa sih yang nggak suka dengan review yang relatable dan terasa kebermanfaatannya. I hope this article can give you one or two. Dan semoga sukses dengan proyek-proyek review-nya ya 🙂

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Join The List

Sign up and be the first to know about new articles, freebies, giveaways, and more!