Optimasi Twitter

untuk Menaikkan Traffic Blog

Does Twitter


Still Matter?

Neil Patel nggak sekedar berbasa-basi ketika bilang “Twitter masih jadi media sosial yang krusial mendatangkan traffic website”.

Social sharing tentu sudah jadi ritual wajib blogger setelah mempublikasikan artikel. Beragam platform media sosial bisa jadi sarana menggaet pembaca agar berkunjungke blog kita.

Tapi seberapa totalitas kita mengoptimasikan Twitter sebagai media sosial untuk mendatangkan traffic?

Quick Note

Twitter adalah media sosial dengan fitur utama pertukaran pesan yang cepat dan sering

Data Digital


Indonesia

174
juta pengguna internet

Per Januari 2020

Sumber: Hootsuite

160
juta pengguna aktif media sosial

Per Januari 2020

Sumber: Hootsuite

382
juta mobile connection

Per Januari 2020

Sumber: Hootsuite

most used social media platform
in indonesia

Persentasi dari Pengguna Internet Usia 16 – 64 Tahun. Data Per Januari 2020. Sumber: Hootsuite

Di Indonesia, Twitter masuk dalam Top 5 platform media sosial yang popular untuk digunakan. Hootsuite merilis bahwa jumlah user Twitter bahkan sampai mengalahkan jumlah user TikTok. Padahal kita tahu sendiri TikTok sedang trending banget sekarang.

Yes, Twitter is still very popular at least in Indonesia. Dengan 160 juta pengguna aktif media sosial dan 56% di antaranya menggunakan Twitter, rasanya sayang kalau kita tidak memaksimalkan Twitter untuk menaikkan traffic blog.

Why People


Love Twitter?

Mobile Friendly

Kemudahan akses Twitter dengan smartphone tentunya mutlak. Secara kita lebih sering buka media sosial lewat hp kan daripada laptop.

UX Friendly

Desain Twitter mengutamakan kenyamanan user. Makanya pengguna Twitter betah berlama-lama scroll timeline dan baca thread.

Up to Date

Ini dia poin utama kenapa orang suka menggunakan Twitter. Format singkatnya membuat orang dapat update status apapun hanya dalam hitungan detik. Aku pribadi selalu buka Twitter dulu sebelum keyword research untuk cari ide di trending topic atau menelusuri berita yang sedang viral.

More Attractive

Fitur-fitur Twitter semakin menarik. Mulai dari full size image, polls, retweet with comment, sharing video, dan DM tanpa minimal karakter. Kita masih bisa terus nge-tweet tanpa merasa terbatas dengan jumlah minimal karakter

Equipped with AMP

Google AMP (Accelarated Mobile Pages) menciptakan proses loading situs 4x lebih cepat dan meminimalisir data hingga 8x lebih kecil dari ukuran mobile page pada umumnya. Kecepatan akses Twitter menggunakan smartphone menjadi sangat cepat.

Benefit of


Twitter for


Blogger

Personal Branding

Optimalkan Twitter untuk share hal-hal personal yang sesuai branding kita. Boleh banyak sponsored post-nya, but people is always excited to get to know our personal
side through Twitter.

 

Kita juga bisa cantumkan URL blog kita di bio Twitter. Link dengan landing page
memukau sangat efektif untuk personal branding.

research tools

Bukan cuma Google, Facebook, dan Instragam yang punya Analytics tools. Twitter juga punya research tools yang bisa diakses di analytics.twitter.com.

Metrik utama yang di-track adalah Top Account dan Top Tweet. Ada juga Top Twitter Ads jika kita memasang iklan di Twitter.

Pada metriks Top Account, kita bisa tahu mana saja Top Tweet, Top Follower, dan Top Mention.

Top Tweet

Top Tweet muncul dengan impression terbanyak di bulan itu. Top Tweet adalah contoh bagus tweet yang mendatangkan traffic. Either tweet ini diposting saat prime time atau menggunakan hashtag yang sesuai

Top Follower

Top Follower adalah follower bulanan dengan jumlah follower terbanyak. Kita jadi bisa tahu siapa aja yang punya potensi audiens terbesar untuk menyebarluaskan tweet berisi link blogpost kita melalui retweets dan comments

Networking

Dengan saling follow dan retweet, kita sudah menjalin network dengan akun-akun yang potensial mendatangkan traffic. Kita juga bisa mention akun Twitter lain dan menggunakan hashtag yang relevan dan kira-kira impactful menaikkan nilai engagement.

Grabing New Audiences

Bisa jadi selama ini circle kita di Instagram dan Facebook itu-itu saja. Dengan masuk ke Twitter, kita bisa mendapatkan audiens baru yang kira-kira sesuai dengan branding dan niche blog.

Driving


More Traffic


to Blog


with Twitter

Sebelumnya pastikan dulu blog kita sudah tahu apa niche yang dipakai, siapa audiensnya, dan apakah konten yang dibuat sesuai niche dan audiens.

Misal niche kita adalah WordPress blogger dengan audiens perempuan usia 25 tahun ke atas. Maka konten artikel dan semua isinya harus berkaitan dengan WordPress, blogging, apa aja yang bermanfaat untuk  pembaca perempuan yang ngeblog dengan WordPress.

Konten curhat dan gado-gado dilararang masuk. Jangan apa aja ditulis, sponsored post apa aja diterima. Nanti kesannya blog kita jadi tidak profesional.

Indriyas, Virtual Assistant di Upwork, menyarankan agar nggak usah bingung dulu dengan menaikkan DA, Page Views, cara nangkring di halaman pertama Google, dan lain-lain. Asal konten kita mempunyai manfaat untuk orang lain, visitor juga akan bertambah secara alami dan organik.

Oke, niche, audiens, dan konten blog sudah siap. Saatnya kita optimasikan dengan Twitter.

1) Tweet Your Blogpost Link More and More

Sering-seringlah nge-tweet yang isinya link blogpost. Jangan malu-malu apalagi males untuk share artikel bermanfaat yang sudah kita tulis.

2) Combine Your Tweet with Text + Visual

Masukkan gambar yang click bait banget (dan tentunya sesuai konten ya) di link artikel yang kita tweet. Tweet dengan gambar cenderung lebih menaikkan engagement. Karena lebih kelihatan dan bisa memancing audiens untuk memberikan respons.

3) Mention People

Putri KPM, Operation Manager dari HIIP, pernah mengatakan di Webinar IM3 Oreedoo X Ibu-ibu Doyan Nulis bahwa sebaiknya mention akun public figure di Twitter. Berguna untuk meningkatkan peluang blog kita kebanjiran traffic.

4) Use Clickbait Text

Pastikan orang yang membaca tweet kita kepengen buat ngeklik si link blogpost

Quick Note

Tweet di Twitter tidak bisa diedit. Tapi bisa dihapus. Jadi pastikan tweet sudah oke click bait textnya, sudah benar link blogpostnya, dan sudah menarik gambarnya sebelum kita beneran posting.

5) RT Your Friend’s Tweet

Nggak masalah loh sering nge-retweet tweet orang lain, terutama yang udah saling follow dengan kita. Seringnya, orang tersebut akan auto RT balik karena merasa thankful. Saling retweet merupakan bentuk kolaborasi yang menaikkan engagement satu sama lain.

6) Use Related Hashtag

Beri hashtag sesuai kata kunci atau topik pada konten. Sebaiknya gunakan maksimal 2 hashtag saja di tiap tweet saja agar lebih efektif muncul di pencarian Twitter. 

7) Pin Your Latest Blogpost

Penting untuk nge-pin link blogspost terbaru. Agar nggak tenggelam dengan tweet-tweet kita sebelumnya.

8) Do BlogWalking and Mention People Behind The Blog

Tweet link blogpost kesukaanmu sekaligus mention blogger-nya. Cara ini efektif untuk menjalin hubungan baik dengan sesama blogger di Twitter.

9) Share Your Tweet to Blogger Community

Jangan lupa juga untuk share tweet promosi link blogpost di semua platform komunitas blogger yang kita ikuti. Berfaedah ganda menaikkan traffic Twitter dan blog.

You Might Also


Want to


CONSIDER


THESE THINGS

Use A Unique Title for Your Blog

Gunakan judul yang unik dan menarik. Judul krusial menentukan apakah visitor mau lanjut scroll ke bawah berkeliling berlama-lama di blog kita. 

Use Tools for Social Media Sharing

Biar nggak susah-susah share link blogpost satu persatu di Twitter dan berbagai platform media sosial lainnya, kita bisa menggunakan tool untuk social sharing. Putri PKM merekomendasikan IFTTT sebagi tool untuk social media sharing karena kemudahan sharing dengan sekali klik. Tools ini hanya bisa digunakan blog dengan platform WordPress.

Ini yang bikin aku selalu jatuh hati menggunakan WordPress. Rasanya bebas dari beragam keterbatasan, entah optimasi konten maupun desain website.

Use The Most Clickbait Picture to Be Header

Siapa yang nggak jatuh cinta dengan header blog yang memukau. Pilih look gambar yang profesional, simpel, dan merepresentasikan niche blog kita.

Use a Trusted Internet Provider

Semua optimasi Twitter untuk blogging tadi akan terhambat jika kuota internet yang kita gunakan terbatas. Seperti yang aku bilang tadi, aku orangnya nggak suka dengan batasan. Jadi pilih provider yang bisa menyediakan layanan internet sepuasnya. Seperti IM3 Ooredoo dengan paket Freedom Internet.

Paket Freedom Internet adalah paket terbaru dari IM3 Ooredoo yang dapat digunakan untuk internetan sepuasnya. Dengan kuota utama yang besar selama 24 jam di semua jaringan 2G, 3G, dan 4G.

Freedom Internet

from IM3 Ooredoo

Pulsa Safe

Tidak dikenakan tarif dasar saat kuota habis

Simpel

100% kuota utama di seluruh jaringan

Transparan

Memberikan benefit terbaik tanpa ketentuan dan syarat berlaku

Paket Freedom Internet adalah paket terbaru dari IM3 Ooredoo yang dapat digunakan untuk internetan sepuasnya. Dengan kuota utama yang besar selama 24 jam di semua jaringan 2G, 3G, dan 4G.

Kelebihan Paket Freedom Internet yang bikin bebas worry adalah Pulsa Safe. Pulsa Safe memungkinkan kita mengakses internet tanpa memotong pulsa walaupun kuota utama sudah habis.

Jangan bayangkan yang wush gitu ya. But still, lumayan banget untuk tetap bisa akses internet saat Pulsa Safe dengan kecepatan hingga 65 Kbps.

Gimana,apakah sudah tergerak hatinya untuk giving more attention to Twitter? Atau sudah ada langkah-langkah optimasi Twitter di atas yang sudah kamu lakukan? Share di kolom komentar yuk.

Disclaimer

Tulisan ini diikutsertakan dalam “Lomba Blog IM3 Ooredoo X IIDN Mengoptimalkan Peluang Dunia Blogging”

Copyright

  • Artikel: Marati Husna
  • Foto: Pexels dan Pixabay
  • Ilustrasi: Canva

Sumber Referensi dan Data

Hey, I’m Marati.

I am a mother, blogger, author, and content creator. Crazy with WordPress and in love with Elementor. Thank you for drop a visit here

Email for Inquiries: maratihusna@gmail.com

Share This Post

Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on whatsapp
Share on email

12 thoughts on “Optimasi Twitter untuk Menaikkan Traffic Blog”

  1. Sepakat sama kak Indriyas, Virtual Assistant di Upwork sih. Kl urusan DA PA, page one, dll itu nanti2 gapapa. Asal terus mengasah kemampuan menulis, tentunya yg informatif

  2. Pertama-tama, aku mau kasi tahu kalau aku terkagum dengan tampilan blognya, kak. Apakah ini yang namanya elementor? Hihi, maklum, aku bukan anak WP, punya sih, WP tapi terbengkalai dan lebih ke blogger. Jadinya aku ga tau apa itu IF… apa si tadi? Yang buat sharing. Oh ya kak, aku juga jadi diingatkan kalau aku belum pasang header twitter, ehe. Wah, soal optimasi twitter berdasarkan tips2 ini, kayaknya aku masih punya banyak peer deh. Anyway, terima kasih postingannya kak! Dari aku yang suka twitter (dan bersyukur twitter banyak pengguna, serta berharap twitter tetep sederhana, tidak punya fitur LIVE, tidak bisa edit heheheh).

  3. Saya termasuk yang jarang ngetwit. Sekali ngetwit cuma share link. Harus lebih kreatif bikin kontennya agar ada interaksi juga antar pengguna. Belajar praktek ah, cara optimasi Twitter di atas. Makasih sharing ilmunya

  4. Salam Ipers Bun, hehe…. baca ini saya jadi semakin perhatian deh ama akun Twitter saya yang lama gak dipeduliin huhuu… bikin akun di 2009 tapi sampai hari ini br 1300-an doang followernya… jd tambah rajin deh share link blog terbaru di Twitter. Tfs

  5. Twitter memang punya karakteristik sendiri. Ngga perlu terlalu khawatir dengan visual seperti instagram. Dan ada tantangan tersendiri menulis status dengan karakter terbatas

  6. wah saya punya twitter tapi jarang saya pakai, bener juga ya harusnya bisa dimanfaatkan untuk promosi blog kita juga, ah setelah baca ini saya jadi dapat insight untuk upload-upload di twitter dan promo blog saya, terima kasih sharingnya ka

  7. Dyah Kusuma Susanti

    jadi auto buka twitter. update hanya kalo abis bikin artikel untuk tweet link blog. abis itu udah gak dibuka2 lagi huhu

  8. Twitter ini yg agak gak keurus dibanding medsos ku lainnya hihihii.. Naikin followernya juga gak semudah yg lain.
    Btw, makasih tulisan lengkapnya ya mbak. Sempat ketinggalan waktu ikut webinar tentang optimasi Twitter ini.

  9. Lengkap sekali ulasannya. Buatku pakai twitter masih kurang nyaman. Gak bisa nulis coption panjang-panjang. Itu sih kekurangannya menurutku. Sekarang share link blog bundling sama postinga instagram aja.

  10. Ini suamiku nih yang suka main twitter. Dia suka update berita terkini justru dari trendingnya twitter. Tapi aku enggak.

    Agak pusing kalau main semua lini platform. Jadi aku pilih yang lain. Baru tahu juga sih kalau dia ada insightnya juga kaya instagram gitu.

  11. Terimakasih sharingnya kak, bermanfaat sekali. Aku termasuk orang yang abai terhadap twitter. Followerku hanya 12 orang. Jarang buka, kalau ada syarat lomba atau campaing baru dibuka. Harus dioptimasi lagi nih penggunaannya.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Join The List

Sign up and be the first to know about new articles, freebies, giveaways, and more!