Ide Persiapan Ramadan Mama Milenial + Free Printable

Beberapa saat lalu, ramai di laman media sosial infografis tentang H-100 Ramadan. What comes to your mind when it happened to be popped out of your screen? Wah, bentar lagi ya. Wah, udah 3 bulan lagi aja Ramadan. Dan ‘wah wah’ senada lainnya. Terus tahunya malem itu juga murabbi (haai teh Chika, yes it is you :D) bahas tentang persiapan Ramadan aja yang udah kepikiran mau kita lakuin untuk ngehajar goals tahun ini. Wow it’s like a lightning struck into my head secara aku masih belum kepikiran apa-apa buat Ramadan. Apalagi berkaca dari Ramadan tahun lalu, I have some lists that I wish I could do or prepare more for the next Ramadan.

Oke, sekarang udah bulan Rajab which means udah H-2 bulan kurang sebelum Ramadan. Tapi nggak papa, mending kita langsung bikin list persiapan Ramadan apa aja sekarang juga. Daripada udah masuk Ramadan terus kitanya lempeng cuma ngikutin flow aja karena persiapan ya seadanya itu. Sayang banget kan.

Ya Allah, selamatkanlah aku hingga bulan Ramadan,

Dan selamatkanlah bulan Ramadan bagiku.

Persiapan Ramadan untuk masing-masing orang tentu beda. Tergantung goals dan keadaan orang itu. Goals aku sendiri ada di target kualitas dan kuantitas interaksi dengan Al Quran. And as a fulltime mother, the way I prepare myself pastinya beda dengan kamu-kamu para mahasiswa shalihah or sahabat sesama mama yang punya asisten rumah tangga.

So, please note that all the prep I list down below is probably more relatable for a housewife without housekeeping assistant.

But it’s also awesome if you found this list helpful to prepare your perfect Ramadan 🙂

Here we goooo.

1) Muhasabah di Bulan Rajab

Bulan Rajab dikenal sebagai bulan istighfar. This is the time to prepare our heart. Masa mempersiapkan hati sebersih mungkin agar siap beramal. Muhasabah kembali isi hati kita. Menggali hal-hal yang belum selesai, baik ke Allah, diri sendiri, maupun orang lain. Melakukan shalat taubat dan memperbanyak istighfar adalah my top list di bulan Rajab ini.

Lanjut dengan menyelesaikan muamalah. Membereskan permasalahan dengan orang lain, terutama dengan pasangan. Saatnya untuk truly memaafkan dan meminta maaf, juga menyelesaikan tanggungan dan amanah.

Oiya, hutang puasa tahun lalu udah dibayar belum?

Even though people say Ramadan exercise starts from Syaban, ngga ada salahnya mulai latihan beramal dari bulan Rajab sedikit-sedikit. Seringan banyakin senyum ke suami, tilawah 1 halaman Al Quran 1 hari, murajaah 1 halaman setelah Shubuh, dan lain-lain. Do you have your own version of amalan starter? Comment down below ya

Pahala dilipatgandakan di Bulan Rajab, begitu pula dosanya. Bener-bener Rajab memang bulan istighfar. Paling aman emang banyakin istighfar sambil muhasabah dosa. We never knew kapan hati kita melenceng niatnya lalu jadi awal dicatatkan dosa. Naudzubillah hiks.

2) Upgrading Amal di Bulan Syaban

Saatnya meningkatkan amalan yang sudah dilakukan di bulan Rajab. Misal tilawah Al Quran naik jadi 1 hari 10 halaman (setengah Juz), murajaah saat shalat wajib, dzikir pagi dan petang, berusaha shalat Tahajud 2 rakaat setiap hari dan lain-lain. Jadikan amalan ini sebagai daily routine.

Ini juga saat yang oke banget buat pemanasan puasa. Kalau bisa, jangan skip puasa sunnah Senin dan Kamis plus 3 hari puasa Ayyamul Bidh.

Ashlihlii, ya Rabb..

Ya Hayyu Ya Qayyum dengan rahmatmu aku minta pertolongan, perbaikilah segala urusanku dan jangan engkau serahkan aku pada diriku sendiri walaupun sekejap mata.

HR An Nasai

Pre-Ramadan 1442 Planner

Do you find list to do di bulan Rajab dan Syaban overwhelming? Then you may think this planner will help you prepare for Ramadan. Sesuai kebutuhanmu.

This planner is an idea bank of preparation, goal tracker, and a shot of spiritual reminder to get you going before Ramadan. It also will assist you to prepare your better and perfect version of Ramadan this year.

Ini secuplik isi plannernya. Seru kan. Finally, a Pre-Ramadan Planner that does everything for you 🙂

You can print this planner or use it as digital planner and edit the page with Canva.

Yess aaaand it’s free yeorebun. Get yours now.

Download Pre Ramadan 1442 H Planner NOW

3) Bangun Support System

Ketika goals Ramadan adalah memperbanyak beramal, maka kelamaan di dapur dan mengurus printilan lebaran jelas menghabiskan waktu berharga dilipatgandakannya amal kita. Kita butuh ide gimana agar urusan dapur dan lebaran bisa efektif.

Some momma choose to make meal plan. Most of them still go with the flow. Mempersiapkan jauh lebih aman daripada mikirin menu dadakan pastinya agar waktu bisa lebih fokus produktif menyelesaikan target ibadah di bulan Ramadan. The good news is, Pre-Ramadan 1442 Planner juga berisi Meal Planner yang bisa bantu para mama menyusun daftar menu dan bahan yang harus dibeli.

Kalau aku sendiri berencana untuk langganan katering harian selama Ramadan. Alhamdulillahnya, ini udah dapet persetujuan dari suami setelah proposal berhari-hari. Makasih yaa Abi.

Jadi bulan Syaban ini atau sekitar bulan Maret nanti adalah waktunya mengurus katering juga hunting printilan lebaran (kue kering, hampers, baju baru maybe, mudik, dan lain-lain). Harapannya, Ramadan tahun ini minim gangguan. Terutama semoga di 10 hari terakhir bisa fokus, nggak terganggu mikirin persiapan lebaran.

4) Saving Untuk Sedekah

Rasulullah bersedekah seperti angin saat Ramadan. Maksudnya keluar aja semua harta digelontorin untuk sedekah. Jadi, penting banget untuk saving dari sekarang buat sedekah Ramadan nanti. Karena makin banyak yang kita sedekahkan, makin banyak lipat ganda balasannya.

Tahun-tahun lalu, aku minimalis-minimalis aja sedekahnya saat Ramadan. Berasa nggak optimal aja, ya karena uangnya ngga ada yang khusus di-planning untuk sedekah Ramadan. Jadi mulai sekarang tentukan budget mau sedekah berapa selama Ramadan, and start saving.

Bayangin aja kita sedekahnya untuk wakaf masjid yang balasannya rumah di surga. Karena Ramadan, rumah kita di surga jadi ada 2. Wowow bangun rumah di dunia aja budgetnya M M an bikin mengelus dada. Ini tinggal wakaf aja di bulan Ramadan and voila dua rumah kualitas surga.

Hayu, nabung.

5) Planning Aktivitas Anak

Urusan dapur udah, tinggal gimana kegiatan anak. Teh Karina Hakman pernah share saat Ramadan beliau sampai-sampai nggak hadir seutuhnya membersamai anak karena memprioritaskan targetan interaksi dengan Al Quran. Jadi kalau biasanya kita bisa full gitu membesamai anak main dan belajar, Ramadan ini kita longgar ke anak tapi ketat ke amalan. But it doesn’t mean kita nggak bisa mempersiapkan aktivitas anak sekaligus merencanakan keterlibatan anak ikutbersuka ria bersama kita selama Ramadan. 

Untuk anak usia sekolah, aku naksir banget dengan Ramadan Calendar for Kids bikinan @ayeina_official. Isinya bagus, ada tauhid dan Ramadan knowledgenya. Untuk anak pra sekolah, seperti Maryam, aku menyusun plan 1 bulan dengan ide-ide dari Quran Based Play. Ide-ide penanaman tauhidnya ada banyak banget. Bisa pilih mana yang kira-kira paling sesuai dengan kemampuan dan kondisi kita nanti di bulan Ramadan.

Nyatat ide aktivitasnya, juga bisa pakai Pre-Ramadan 1442 Planner 😀

Finally, Ashlihli Rabbi..

Segitu aja persiapan untuk Ramadan tahun ini. Ashlihli Rabbii, mudahkanlah.

I hope you find the list helpful. Semoga dengan persiapan matang, Ramadan kita juga bisa jadi luar biasa. Aamin allahumma aamin.

Terakhir nih. Kamu mau juga kan share Pre-Ramadan 1442 Planner ini di medsos kamu ini? Hehe. Kalau iya, jangan lupa tag aku @maratihusna dan pakai tagar #preramadanplanner.

Thank you in advance! Semoga jadi amal jariyah juga buat teman-teman semua

15 thoughts on “Ide Persiapan Ramadan Mama Milenial + Free Printable”

  1. Bener juga, ngeplan buat aktivitas anak ini sering terlupakan karena sibuk mengejar amalan pribadi.

    Not sure if the planner will help, tapi satu hal yang saya dapatkan dari postingan ini adalah soal ngeplan aktivitas anak.

    Thanks for sharing mbak.

  2. Jarang banget ada edukasi tentang mempersiapkan diri menuju Ramadhan. Seringnya bulan puasa dateng ya udah jalanin aja. Padahal supaya optimal, perlu banyak perencanaan dan pemanasan.
    Terima kasih banyak, Um, sudah diingatkan. Alhamdulillah jaza killahu khoiro.

  3. Duh kok aku auto terharu bentar lagi mau masuk bulan Ramadan ya mbak. Huhu
    Doaku juga sama kaya mbak. Semoga bisa dipertemukan dg bulan Ramadan dan makin khusyuk dalam ibadah 🙂

  4. Cantik banget plannernya mba. Jadi pingin juga. Semoga ramadhan kali ini barokah dan membawa banyak keberkahan dan kebahagiaan ya mbaa. Thx 4 sharing ya mbaa.

  5. Membaca kata ramadhan, kok rasanya senengg banget ya kak. Apalagi planning sedekah dibulan ramadhan, good idea banget. Padahal kan kita bisa sedekah di hari biasa, cuma rasanya beda aja kalau di bulan ramadhan. Semoga kita selalu sehat dan dipertemukan di bulan ramadhan tahun ini, aamiin 🙂

  6. Gak kerasa ya udah dekat ramadhan. Supaya ibadahnya pool memang kudu bikin planing. Jadi terencana dengan baik… Senangnya!! Bisa bertemu dengan ramadhan,, semoga Allah izinkan dan dimudahkan menjalankan ibadah puasa dan lainnya 🙂

  7. Ya Allah…gak kerasa bentar lagi ramadhan. dan jadi nyadar diri, bahwa belum persiapan apa-apa …hiks…
    makasih ya mbak, dengan baca tulisan ini saya jadi tergugah untuk menyiapkan diri menjelang ramadhan. semoga bisa lancar dan sukses menjalaninya. aamiin.

  8. Ini harus diprint apa bisa dicatet via digital? Aku sejak ada Ghazy beneran gabisa kalau pakai yang non-digital. Dirusuhin mulu kalau bikin. Ujung-ujungnya balik lagi ke HP. Asik banget kalau ini bisa diisi via HP.

  9. Mbakk makasih banget ya dah diingetin, emang harus dpersiapkan biar mateng.
    Dimuali juga pemanasannya sejak rajab ni jadi tar pas ramdhan badan n pikiran sudah terbiasa.

    Mksih Mbakkk

  10. Bikin tambah semangat nih menyambut ramadhan. Sebelumnya kalau planning buat ramadhan ya BB seputar menu buka & sahur, target ibadah. kalau pakai buku planner seperti ini pasti bisa lebih detail.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Join The List

Sign up and be the first to know about new articles, freebies, giveaways, and more!