Game Wahana Wakeboarding: The Route

Wahana ini mengajak aku untuk memahami makna Core Value Ibu Profesional dengan wakeboarding. Ada 5 Core Value yaitu belajar, berkembang, berbagi, berkarya dan berdampak. Nah 5B ini ibarat tali yang kita pakai saat wakeboarding. Sedahsyat apapun guncangannya nanti, we’ll be definitely safe as long as we hold tight to these values. Helm yang kita pakai adalah misi dari peran spesifik aku di muka bumi. Safety jacket-nya adalah tekad untuk mau terus belajar. Dan terakhir ada amunisi saat wakeboarding, yaitu air kelapa muda dengan kandungan nutrisi attitude untuk selalu tepat waktu saat kelas mulai live, mau berbagi ilmu yang didapat, dan yakin bahwa kita dapat bertumbuh menjadi lebih baik.

Let’s Wakeboard!

Alhamdulillah, berkat Matrikulasi dengan segala analisa kekuatan dan acara menyelami diri sendiri, I know for sure what I want to be. Peran spesifik aku di bumi adalah menjadi momblogger who takes pleasure seriously. Misinya tentu saja bukan hanya untuk influencing good values dan jurnal portofolio keluarga tetapi juga investasi akhirat. Misi yang masih on progress karena untuk mewujudkannya butuh update dan upgrade ilmu terus menerus.

Oke helm dengan misi momblogger sudah dipakai. Saatnya wakeboarding!

I’m not afraid to wakeboard since I put on helmet, wear the safety jacket, drink the coconut water, and understand the route.

The Route

Rute wakeboarding ini adalah ilmu-ilmu yang aku butuhkan untuk menjadi momblogger. Ada ilmu yang ingin dipelajari, ditingkatkan, dilatih, dan dibagikan.

I’d Like to Learn Web Building

Web Building adalah mendesain sendiri tampilan website kita. Jadi udah nggak perlu lagi merasa ‘terbatas’ dengan setting-an template dan tema. Dan tentunya kalau udah bisa Web Building, aku nggak akan tergiur untuk beli tema-tema WordPress yang cantik nan mahal itu. Walaupun memang lebih mudah beli, kustomisasi masih aja terbatas dan beberapa tahun ke depan bisa jadi nggak kompatibel lagi dengan update terbaru dari WordPress.

Aku lagi jatuh cinta dengan web builder satu ini, Elementor. Dan baru aja beli yang versi Elementor Pro saking mudah banget buat dipakai. Nggak pakai coding, tinggal drag and down. Tapi namanya juga masih pemula banget dan nggak ada background design. Yang namanya typography, layout, color palette, bahkan utak atik Elementor-nya sendiri masih harus belajar banyak. Demi tampilan website lebih powerful agar nanti orang-orang betah main lama di blog aku.

I’d like to Improve My Blogging Skill

Banyak banget PR ilmu blogging yang harus ditingkatkan. Mulai dari menulis itu sendiri, konsistensi SEO, menaikkan DA/PA, website maintenance, monetisasi blog, product photography, photo editing, branding sampai marketing.

I’d Like to Train…

Momblogger is originally a mother, blogger, and wife. Kita berhadapan bukan hanya tentang persaingan halaman pertama mesin pencarian, sponsored post, ataupun campaign. Tetapi juga gimana kita bisa se-mindful mungkin menjadi ibu dan istri nggak peduli kondisi rumah, hati dan pikiran sedang sekacau apa.

Mindful itu bahasa Quran-nya khusyu. Kalau di Surah Al Baqarah 154 khusyu’ itu mudah bila kita melatih diri untuk senantiasa bersabar.

Sabar menerapkan komunikasi efektif ke suami. Sabar membersamai anak. Sabar konsiten membuat konten. Sabar menyelesaikan targetan ibadah satu demi satu. Sabar menunaikan hak-hak suami dan anak. Sabar belajar. Sabar bertumbuh.

Life is a series of trials and patience. Kehidupan kita adalah kumpulan dari kesabaran. Ilmu yang ingin aku latih adalah ilmu sabar karena nyatanya sabar bukan hanya untuk mengelola emosi tetapi juga mengelola hati menghadapi lika-liku kehidupan.

My mantra to stay sane sebelum meledak adalah

Salamun Alaykum Bima Shabartum

Ar Raad 24

Ucapan selamat datang kepada para penghuni surga. Yang masuk sambil menggandeng seluruh keluarga besarnya. Oleh malaikat dikatakan, “Salamun alaykum bima shabartum, selamat atas kesabaran kamu di dunia”.

Masya Allah. Betapa setiap episode kehidupan adalah anak tangga melatih dan memupuk kesabaran. Kalau kata teh Karina Hakman, “Make sure, every – single – step – counts”.

And I’ll make sure to train my shabr for the rest of my life. Rabbana afrigh alayna shabran.

I’d Like to Share Blogging Basics and Motherhood Experience

Ilmu blogging yang ingin aku bagikan adalah gimana cara memulai membuat blog yang self-hosted. Aku pengen berbagi kalau ngeblog dengan WordPress itu investasi besar dan nggak harus jago coding.

Aku juga senang berbagi pengalaman motherhood yang udah aku jalani (dari Maryam newborn sampai sekarang 16 bulan). Yang paling aku suka adalah pengalaman nyaman memakai cloth diaper, sleep training (now she can sleep by herself), dan self feeding (she now can use her spoon and fork properly). Sejauh ini baru sharing aja di Instagram Story. In a week or two, I’ll post the article about these topics here insyaaAllah 🙂

The Waves

Tantangan dari wakeboarding melewati semua rute ilmu-ilmu tadi adalah pergeseran niat. Tantangan yang sama selama aku berkomunitas dengan Ibu Profesional setelah lulus marikulasi. Dari niat investasi akhirat malah jadi personal glorry. Kepengen keliatan hebat, keren, wah. Susah-susah cuma buat kepuasan mencentang to do list di bullet journal. Lupa niat awal dari semua peran spesifik ini adalah memastikan apakah Allah ridha atau tidak.

Cara mengatasinya adalah upgrade niat setiap hari. Ketika terlalu workaholic ataupun terlalu malas, cek kembali versi niat. Versi personal glorry ataukah versi yang lillah. Segera upgrade kalau ternyata hati kecil bilang niat udah bergeser bukan untuk Allah lagi.

Indikator niat benar adalah tenang dan terarah. Nggak kegandadapan dengan amanah-amanah yang harus diselesaikan dan hak-hak yang harus ditunaikan.

Yaa muqallibal qulub. Tsabbit qulubuna ala dinik wa tha’atik.

The Pleasure

Kalau wakeboarding beneran, mungkin cuma belasan menit aja adrenalin kita terpicu. Tetapi, menjalani peran spesifik di muka bumi butuh waktu seumur hidup.

The route is clear but the jorney is long. Selama Core Value belajar, berkembang, berbagi, berkarya, dan berdampak kita pegang, InsyaAllah rute ilmu tadi bisa bisa jadi amal shalih. Dan tentunya, perjalanan dengan apapun peran spesifikmu, menjadi jauh lebih seru dan menyenangkan.

2 thoughts on “Game Wahana Wakeboarding: The Route”

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Join The List

Sign up and be the first to know about new articles, freebies, giveaways, and more!